Social Icons

Sabtu, 29 Juni 2013

Definisi Aplikasi Multimedia

Definisi Aplikasi Multimedia

  • Definisi Aplikasi Multimedia  & Tools Multimedia

Aplikasi multimedia adalah aplikasi yang dirancang serta dibangun dengan menggabungkan elemen-elemen seperti : dokumen, suara, gambar, animasi serta video yang dimana dalam perancangannya atau dalam proses pembuatannya harus menggunakan tools multimedia. 
Tools Media adalah Peralatan yang digunakan dalam membuat sebuah aplikasi multimedia baik perangkat lunak maupun perangkat keras. Jadi dalam pembahasan selanjutnya, tools tidak akan disebut lagi, tapi yang akan dibahas dalam makalah ini adalah perangkat lunak dan perangkat keras multimedia
  • Tools Multimedia dan Aplikasi Multimedia
Tools Multimedia

Seperti yang sudah dibahasakan diatas, pada pendefinisian sebelumnya bahwa tools multimedia pada umumnya terdiri dari dua perangkat yaitu perangkat lunak dan perangkat keras. 
Perangkat Lunak Multimedia
Perangkat  lunak  multimedia  adalah  komponen-komponen  dalam  data  processing  system,  berupa program-program  untuk  mengontrol  bekerjanya  sistem  komputer multimedia.  Dan juga merupakan program-progran yang digunakan oleh user untuk dipakai/beroperasi dalam bidang-bidang multimedia yang spesifik Perangkat  lunak  ini  digolongkan  menjadi  tiga  bagian  yaitu  bahasa  pemrograman  multimedia,  perangkat  lunak  sistem multimedia dan perangkat lunak aplikasi multimedia. Yang dimana perangkat lunak multimedia ini berfungsi untuk mengidentifikasi program multimedia serta menyiapkan aplikasi program multimedia sehingga tata kerja seluruh peralatan komputer multimedia menjadi terkontrol serta mengatur dan membuat pekerjaan yang berkaitan dengan multimedia menjadi lebih efisien.
Seperti yang telah dijelaskan diatas, perangkat lunak multimedia terdari dari tiga, yaitu:
bahasa  pemrograman  multimedia adalah bahasa-bahasa  yang  digunakan  programmer  untuk  membuat aplikasi multimedia. Contohnya: Assembly, C, C++, Power Builder, Delphi, SQL, Visual Basic, dan Java.
Perangkat Lunak Sistem (System Software) adalah suatu istilah generik yang merujuk pada jenis perangkat lunak komputer yang mengatur dan mengontrolperangkat keras sehingga perangkat lunak aplikasi dapat melakukan tugasnya. Ia merupakan bagian esensial dari sistem komputer.  Perangkat  lunak  ini  terdiri  dari  Sistem  operasi  (Operating  System). Misalnya  DOS  (Disc  Operating System), Windows 95/98/ME, Windows NT/2000, Windows XP, Windows Vista, UNIX, Linux atau Mac OS. 
Perangkat  lunak  aplikasi  multimedia  merupakan  aplikasi-aplikasi  yang  dibuat  oleh  personal  atau organisasi  untuk  user  yang  beroperasi  dalam  bidang-bidang multimedia  spesifik  seperti  grafik  2D, modeling dan animasi.

Perangkat Keras Multimedia adalah elemen pendukung utama sebuah Multimedia yang dapat dilihat dan diraba serta  yang diperlukan untuk mengoperasikan Perangkat lunak Multimedia. Terdapat empat unsur utama pada perangkat keras multimedia yaitu:
unit masukan (input) adalah tempat memasukkan data dan program yg akan diproses serta menerjemahkan kode-kode yg dikenal oleh media input ke dalam kode-kode yg dikenal komputer multimedia, dan mengirim data yg sudah berbentuk bit-bit ke dalam storage .
    Alat masukan yang digunakan antara lain sebagai berikut:
Keyboard atau papan ketik adalah sebuah alat yang digunakan  untuk menginput huruf. Bentuk dasar keyboard ada dua yaitu Alphanumeric keyboard dan Special-function keyboard.
Alat Penuntuk (Pointing Device), yang Terdiri dari :
Mouse (ball, optik, wireless).
Joystick (biasanya untuk game).
Trackball (serupa dengan mouse, tapi dibagian atas).
Trackpad (serupa dengan trackball, tapi tidak menggunakan bola melainkan pad).
Trackpoint (fungsinya menyerupai joystick, tapi dioperasikan dengan ujung jari).
Touchscreen (alat yang memungkinkan memasukkan data dengan menyentuh satu lokasi di layar dengan menggunakan jari atau obyek khusus yang telah disediakan).
Light pen (alat seperti pena yang digunakan untuk menunjuk pada layar seperti cara jari menunjuk layar sentuh). Hanya dipakai pada Computer Aided Design / CAD dan Computer Aided Manufacturing / CAM.
Digitizing tablet (alat input multimedia yang memungkinkan untuk memasukkan gambar dan sketsa ke komputer multimedia.
Unit Remote Control (alat yang serupa dengan remote control pada TV).
Alat Input Otomatisasi Data membantu mempercepat input data ke dalam komputer multimedia. Terdiri dari teknologi pembacaan optik dan magnetik.
Alat Pembaca Optik, yang terdiri dari scanner (alat yang membaca data dengan menyinari dengan sinar terang di atas data, kemudian menangkap teks, citra atau gambar yang terpantul pada suatu matriks sel-sel fotoelektrik.
Alat Pembaca Magnetik, terdiri dari magnetic Ink Character Recognation / MICR (alat yang dapat membaca huruf-huruf yang ditulis dengan tinta magnetis, baik itu tulisan manusia maupun tulisan mesin).
Alat Input Pengenal Suara adalah alat input yang dapat menganalisis pola suara dan mengubahnya menjadi bentuk-bentuk digital untuk diproses. Alat input ini terdiri dari dua, yaitu:
Speaker dependent system (hanya mengenali satu suara saja).
Speaker independent system (dapat mengenali semua pemakai yang berbicara dalam bahasa apapun asalkan proses pembuatan model suaranya telah dilakukan).
Kamera Digital adalah alat yang dapat merekam citra secara digital.
Camcorder, alat ini terdiri dari:
Perekam elektronik yang portable, yang mempunyai kemampuan video live-motion dan audio untuk kemudian dapat dimainkan di Video Cassete Recorder (VCR), TV, dan komputer.
Terdiri dari kamera dan recorder.
Snappy, contonya adalah snappy video napshot adalah suatu modul penangkap gambar yang menghubungkan paralel port bagian desktop atau laptop.
Kamera Web (Web Cam) adalah kamera yang dirancang penggunaannya pada web. Dapat ditempatkan dimana saja dan dapat mentransmisikan video ke TV, VCR, atau PC.

central processing unit (CPU) Merupakan bagian utama dari segala peralatan elektronika karena processor berfungsi untuk mengatur semua aktifitas yang ada pada alat tersebut. CPU Merupakan pusat kendali sistem computer yang dapat menjadi penghubung antar input device dan output device, serta memberikan address data dan program, memasukkan dan mengambil data kemudian memproses data secara aritmatik dan logic dan melaksanakan instruksi-instruksi secara berturut-turut.
storage/memory adalah media penyimpanan internal maupun external.
Penyimpanan internal adalah media penyimpanan yang berhubungan langsung dengan CPU (Central Prossecing Unit). Media penyimpanan ini terdiri dari beberapa komponen yaitu: RAM (Random Access Memory), ROM (Read Only Memory), CMOS (Complementary Metal Oxyde Semiconductor), Flash Memory, dan Cache memory.
Penyimpanan eksternal adalah penyimpanan yg tidak berhubungan langsung dgn CPU. Penyimpanan ini terdiri dari beberapa komponen yaitu:
penyimpanan berurutan (sequential storage) adalah suatu organisasi atau penyusunan data di suatu medium penyimpanan yg terdiri dari satu catatan mengikuti satu catatan lain dalam suatu urutan tertentu. Data pertama diakses pertama dan data terakhir diakses paling akhir. 
penyimpanan akses acak/langsung (random/direct accss storage) adalah suatu organisasi atau penyusunan data di suatu medium penyimpanan yg memungkinkan catatan-catatan ditulis dan dibaca tanpa pencarian secara berurutan. Penyimpanan ini berbentuk magnetic disc (disket dan hard disk), magnetic tape/pita magnetik (flash disc), videotape/videocassette (VHS, S-VHS, DV, DV CAM, HDCAM, DVHS), optical laser disc (CD-ROM, DVD, WORM (write once read many), ROD (rewritetable optical disc). 

unit keluaran (output Device) adalah segala macam komponen hardware yang dapat menyampaikan informasi kepada user. Dan tempat keluarnya hasil proses serta menerjemahkan bit-bit ke dalam kode yg dikenal media output. Dalam output Device terdapat pengertian display device yaitu: Suatu peralatan Output yang dapat menyampaiakan informasi secara visual, kemudian informasi yang ditampilkan biasanya disebut dengan soft copy. Untuk pengeluaran output device dapat melalui:
Monitor,  monitori dibagi menjadi 3 yaitu:
LCD Monitor adalah Menggunakan Liquid Crystal Display, Peralatan Mobile yang menggunakan layar LCD adalah Notebook computer, Tablet PC, PDA, Smart Phone. Penggunaan LCD yang banyak dengan beberapa user meletakkan 2 / lebih monitor secara berdampingan yang memungkinkan user untuk menjalankan banya aplikasi secara bersamaan.
Plasma Monitor adalah alat yang menampilkan gambar dengan menggunakan tegangan listrik ke lapisan gas. Dan ukuran layar yang lebih besar dan kualitas tampilan yang lebih baik daripada LCD.
CRT Monitor adalah layar yang dilapisi dengan titik-titik yang sangat kecil dari materi yang mengandung phosphor, dimana setiap titik terdiri dari phosphor yang berwarna merah, biru dan hijau (RGB), ukuran tampilannya adalah secara diagonal. CRT ini juga menentukan kualitas tampilan pada monitor, yaitu pada Resolusi layar (Screen resolution) ,Text yang diciptakan dari titik-titik lebih mudah dibaca Refresh rate adalah kecepatan dimana monitor menggambar ulang suatu gambar pada layar. Alat ini menyerupai TV dan output yg dihasilkan dapat berupa karakter atau gambar tergantung jenis alatnya. 

Printer adalah Output device yang menghasilkan text dan gambar pada kertas Hasil itu biasa disebut hard copy atau print out. Ada dua orientasi kertas: portrait yaitu suatu bentuk dimana karakter dan gambar tanpa memukul kertas.
Plotter adalah alat yang  dapat memindahkan sinyal biner yg dikirim kompter ke dalam koordinat-koordinat secara akurat melalui pena untuk menghasilkan suatu gambar grafik. Plotter memiliki tipenya yang terdiri dari dua jenis yaitu drum plotter (mengahsilkan output yg kontinyu, misal ploting aktivasi gempa bumi) dan flatbet plotter (mengahsilkan output yg tidak kontinyu). 
Alat output grafik presentasi adalah alat yang terdiri dari dua kategori yaitu LCD panel dan LCD projector, LCD panel ukurannya sebesar notebook PC yg digunakan untuk overhead projektor. Cahaya dari overhead melewati LCD panel dan bayangan ditampilkan pada layar . dan LCD projektor digunakan dgn lensa yg ada di dalamnya dan sumber cahaya untuk memproyeksikan bayangan ke layar.
Alat output suara  adalah alat yang mengeluarkan suara pada computer multimedia. Ada tiga tipe alat ini yaitu: 
Voice response digunakan untuk reproduksi suara manusia dan suara lainnya, memilih output dari rekaman kata, frase, musik, alarm atau sesuatu yg dapat direkam dgn pita audio. 
Rekaman suara analog dikonversi ke data digital, kemudian disimpan secara permanent pada disc atau chip memory. 
Sedangkan unit speech synthesis melakukan konversi dari data mentah ke elektronik mengahsilkan suara yg dikenal dalam lingkungan mikro-komputer. 

Dari beberapa pemaparan diatas, dapat disimpulkan bahwa Tools multimedia pada umumnya terdiri dari dua yaitu perangkat keras multimedia dan perangkat lunak multimedia. Telah dipaparkan pula beberapa bagian dari perangkat keras dan perangkat lunak multimedia, yang dimana pembahasan tentang tools multimedia adalah pembahasan yang sangat luas jika di paparkan semua. Yang telah dipaparkan di atas adalah hanya sebagian kecil dari tools multimedia tersebut.

Aplikasi Multimedia

Aplikasi multimedia adalah aplikasi yang dirancang serta dibangun dengan menggabungkan elemen-elemen seperti: teks,  dokumen, suara, gambar, animasi serta video. Berikut ini adalah gambaran tentang elemen-elemen yang digunakan dalam aplikasi multimedia:
Teks. 
Merupakan elemen multimedia yang menjadi dasar utama dalam menyampaikan informasi, karena teks adalah jenis data yang paling sederhana dan membutuhkan tempat penyimpanan yang paling kecil. Biasanya dihasilkan oleh program pengolah kata dan merupakan informasi yang utama pada sebagian besar multimedia. Teks memegang peranan dasar dalam menyusun dokumen, karena hampir seluruh aplikasi multimedia menggunakan teks sebagai alat presentasi informasi yang paling sesuai untuk mendeskripsikan suatu nama, definisi atau aturan.
Gambar adalah suatu tiruan barang atau apapun yang pernah dilihat atau tidak seperti imaginasi dari orang yang sedang menggambar yang dibuat dengan coretan pensil, komputer dsb. Adanya gambar dalam multimedia, penyampaian informasi akan menjadi semakin efektif dan bermanfaat, terutama informasi yang tidak dapat dijelaskan dengan kata-kata. Gambar dapat dibagi menjadi tiga katagori :
Gambar dari dunia nyata : lukisan, scanning foto.
Gambar dari dunia maya : dibuat dengan program aditor.
Gambar gabungan dunia nyata dan dunia maya.
Suara (Audio) adalah Multimedia tidak akan lengkap jika tanpa suara. Suara terbagi menjadi tiga katagori :
Ucapan (speech) : suara orang berbicara
Musik (music) : suara yang dihasilkan oleh alat music
Efek suara (sound effect) : suara yang dibuat untuk menciptakan kesan atau kejadian, seperti suara tembakan, halilintar, gelas pecah, dll.
Video merupakan gabungan elemen multimedia yang lengkap karena menggabungkan semua elemen multimedia yang ada untuk menyajikan informasi video menggunakan system animasi yang diambil melalui suatu kamera video dan disimpan dalam bentuk file dan format tertentu.
Animasi adalah sesuatu yang mengacu pada gambar-gambar yang bergerak. Animasi dapat dihasilkan dengan menayangkan frame-frame (bingkai-bingkai) gambar secara cepat untuk menghasilkan efek pergerakan. Animasi dapat dibagi ke dalam dua katagori :
Animasi buatan adalah animasi yang dihasilkan oleh manusia melalui bantuan program komputer.
Animasi video adalah animasi yang dihasilkan melalui rekaman dari kamera video dan kejadian yang sesungguhnya.
Beberapa Aplikasi Multimedia
Teks Animasi
Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, bahwa teks merupakan elemen multimedia yang menjadi dasar utama dalam menyampaikan informasi, karena teks adalah jenis data yang paling sederhana dan membutuhkan tempat penyimpanan yang paling kecil. Dalam mengelola atau membuat sebuah teks animasi untuk berbagai bentuk, dibutuhkan aplikasi-apalikasi khusus untuk teks ataupun aplikasi multimedia yang bersifat universal yang di dalamnya melingkupi pembuatan teks, video dll. Berikut adalah beberapa aplikasi untuk mengelola teks.
 Flash CS3 adalah suatu aplikasi berbayar yang dapat digunakan untuk menciptakan suatu animasi dengan dilengkapi bahasa pemprograman. Adobe Flas CS3 memiliki bahasa pemprograman yang dikenal dengan nama actionscrip yang muncul pertama kali pada flash 5. Aplikasi ini menghasilkan animasi berbasis vector dengan format file.swf dan dapat diputar didalam web.
Corel Draw adalah Software Grafis pengolah gambar berbasis Vector, Corel Draw banyak digunakan oleh para Desainer untuk membuat berbagai macam desain, seperti desain Logo, Kaos, Majalah, Poster, Ilustrasi, dan banyak lagi.
Photoshop adalah aplikasi yang digunakan untuk mengedit foto, membuat teks 3D maupun teks lainnya, photoshop tersedia beberapa jenis antara lain photoshop CS3, photoshop CS7 dll.
GIF animasi adalah sebuah aplikasi pembuat animasi berupa teks
Xara 3D Maker 7 adalah Software Yang Berfungsi Untuk Membuat Sebuah Teks Animasi 3D.

Dari yang telah dipaparkan diatas adalah beberapa dari banyaknya aplikasi multimedia yang dapat digunakan untuk membuat teks animasi.

Gambar 
Gambar adalah suatu tiruan barang atau apapun yang pernah dilihat atau tidak dilihat, seperti imaginasi dari orang yang sedang menggambar yang dibuat dengan coretan pensil, komputer dsb. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar