Social Icons

Jumat, 05 Juli 2013

Tujuan dan manfaat membangun jaringan komputer

Tujuan dan manfaat membangun jaringan komputer

Dalam membangun jaringan komputer tentunya memiliki tujuan dan manfaat yang sangat membantu bagi kita yaitu:
  • Sharing resources
    Kita dapat membagi sumber yang ada dalam arti dapat digunakan secara bersama-sama seperti program, peralatan, atau peripheral lainnya sehingga dapat dimanfaatkan setiap orang yang ada pada jaringan komputer tanpa harus terpengaruh oleh lokasi.
  • Media komunikasi
    Dapat memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna jaringan, baik itu untukteleconferenceinstant messagingchatting, mengirim surat elektronik (e-mail) maupun mengirim informasi penting lainnya.
  • Integrasi data
    Dapat mencegah ketergantungan pada komputer pusat, setiap proses data tidak harus dilakukan pada satu komputer saja melainkan dapat didistribusikan ke tempat lainnya atau dengan kata lain dapat dikerjakan oleh komputer-komputer lain yang ada dalam
    jaringan.
  • Keamanan data
    Sistem jaringan komputer dapat memberikan perlindungan terhadap data melalui pengaturan hak akses pengguna dan password, serta teknik perlindungan yang lainnya.
  • Web Browsing
    Untuk mengakses informasi yang ada pada jaringan, contohnya web browsing. Hampir setiap orang yang membaca tulisan ini mungkin pernah menggunakan browser web(seperti Internet ExplorerMozilla FirefoxNetscapeOpera dan yang lainnya). Browser web memungkinkan kita untuk melihat informasi yang ada di dalam sebuah web server di suatu tempat di dalam Internet.
  • Pengembangan dan pemeliharaan menjadi mudah dan menghemat biaya.
    Misalnya pada suatu perusahaan dapat menghemat peralatan yang harus digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar